Kamis 10 Apr 2014 01:23 WIB

AS Yakin Palestina-Israel Siap Lanjutkan Perundingan Damai

John Kerry
Foto: Alastair Grant/AP
John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Palestina dan Israel menunjukkan mereka ingin menemukan cara untuk memajukan pembicaraan perdamaian. Demikian kata Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, terkait upaya perundingan damai Palestina-Israel yang terancam macet.

"Tentu saja, kami akan bekerja keras untuk berusaha menemukan cara bergerak maju," kata Kerry kepada wartawan sebelum pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Israel, Avigdor Lieberman, yang sedang berkunjung ke Amerika Serikat sebagaimana dikutip Xinhua yang dipantau Antara.

Pertemuan tersebut dilakukan setelah pembicaraan perdamaian yang diperantarai AS itu macet pada pekan sebelumnya. Pembicaraan mandek ketika Israel dan Palestina melakukan apa yang dikatakan Gedung Putih sebagai tindakan sepihak yang tidak membantu.

Pada 1 April, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menandatangani dokumen untuk mengajukan permohonan menjadi anggota 15 badan PBB.

Tindakan tersebut dilakukan setelah Israel menolak untuk membebaskan kelompok keempat dan terakhir 26 tahanan Palestina. Padahal, pembebasan tahanan Palestina tersebut merupakan bagian dari kesepakatan untuk memulai kembali pembicaraan bilateral.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement