Sabtu 12 Apr 2014 23:48 WIB

Negara-negara Tetangga Rusia Khawatir Kena Imbas Krisis Ukraina

Konflik di Ukraina
Foto: VOA
Konflik di Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Negara-negara bekas Uni Soviet yang takut akan imbas krisis Ukraina meluas telah meminta NATO mengirim pasukan darat dan dukungan lain karena kawasan itu berpotensi satu langkah mendekati Perang Dingin baru.

Drama tersebut sudah membuat aliansi militer Barat itu meningkatkan langkah-langkah pertahanan di bagian timur dan tengah Eropa, tetapi para pemimpin kawasan itu meminta dukungan lebih besar.

Seruan-seruan datang dari negara-negara Baltik yakni Estonia, Latvia dan Lithuania --yang kesemuanya berbatasan dengan Rusia dan memiliki populasi etnis Rusia cukup besar-- dan juga dari negara-negara tetangga Ukraina yakni Polandia dan Romania.

Sementara, Amerika Serikat menuduh Rusia ingin menciptakan kekacauan sebagai dalih untuk melakukan intervensi militer.

"Kami berharap peningkatan kehadiran NATO di kawasan Baltik bukan bersifat sementara dan terbatas untuk patroli udara," kata Menteri Pertahanan Estonia, Sven Mikser, di radio negara pekan ini.

Mikser yang akan bertemu dengan Ketua NATO, Anders Fogh Rasmussen, di Brussel, Senin, menambahkan bahwa pembicaraan sedang berlangsung mengenai rotasi unit-unit darat NATO di kawasan.

Rekan sejawatnya dari Lithuania, Juozas Olekas, mengatakan dia juga dalam proses pembicaraan dengan aliansi itu mengenai peningkatan keamanan dengan beberapa keputusan sudah dibuat dan lain-lainnya akan diambil pekan depan.

"Kehadiran pasukan anggota NATO di Lithuania bisa berbagai bentuk mulai dari penempatan instruktur hingga operasi khusus pasukan darat, laut atau udara," kata dia kepada kantor berita AFP.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement