Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Biden Akan Ke Ukraina Tegaskan dukungan AS

Ahad 13 Apr 2014 08:00 WIB

Rep: Andi Nurroni/ Red: Muhammad Hafil

Jet tempur Rusia di perbatasan Ukraina

Jet tempur Rusia di perbatasan Ukraina

Foto: CNN

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan melakukan lawatan ke Ukraina pada 22 April mendatang untuk menegaskan dukungan Paman Sam terhadap pemerintahan transisi anti-Rusia. Selain itu, Biden juga akan meninjau pengamanan energi Ukraina di tengah krisis yang sedang dihadapi negara tersebut pascapendudukan Rusia atas semenanjung Crimea.

Diumumkan Gedung Putih, dalam kunjungannya, Biden dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin pemerintahan transsisi dan kelompok masyarakat sipil. "Dia akan menegaskan dukungan AS bagi Ukraina yang satu, demokratis, dan Ukraina yang bisa menentukan masa depannya sendiri," ujar pihak Gedung Putih, seperti dilansir, Ahad (13/4).

Pengumuman tersebut disampaikan sehari berselang setelah AS menjatuhkan sanksi terhadap enam orang mantan pejabat tinggi Ukraina yang dinilai bertanggung jawan terhadap lepasnya Crimea ke tangan Rusia. Sanksi tersebut di antaranya adalah mem-blacklist sejumlah pebisnis Ukraina yang dianggap dekat dengan presiden Rusia Vladimir Putin. 

"Di Kiev, Biden akan menggelar konsultasi bersama perwakilan negara-negara dunia untuk membantu proses stabilisasi dan penguatan ekonomi Ukraina dan menyokong Ukraina menggelar reformasi perundang-undangan, desentralisasi, program antikorupsi, dan pemeilihan presiden pada 25 Mei mendatang," ujar Gedung Putih. 

Sebagai agenda tamabahan, Biden juga dijadwalkan akan memastikan kondisi pengamanan energi di Ukraina, dalam jangka pendeka maupun jangka panjang. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA