Senin 14 Apr 2014 06:31 WIB

Kebakaran Hebat di Cili, 11 Tewas Ribuan Mengungsi

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fernan Rahadi
Kebakaran hutan di Cili.
Foto: AP Photo/Luis Hidalgo
Kebakaran hutan di Cili.

REPUBLIKA.CO.ID, VALPARAISO -- Kebakaran hebat yang terjadi di hutan di dekat kota pelabuhan Valparaiso Cili menewaskan 11 orang. Sedangkan, lebih dari 10 ribu warga telah dievakuasi menghindari ganasnya api.

Dilansir dari BBC, Presiden Michelle Bachelet telah mengerahkan pasukan militer untuk mengevakuasi warga setelah menyatakan zona bencana di kota tersebut. Kebakaran hutan juga telah memusnahkan ratusan rumah sejak Sabtu kemarin.

"Warga Valpraiso memiliki keberanian, kekuatan, dan mereka tidak sendiri. Para keluarga tidak hanya kehilangan rumah dan hartanya, tetapi juga kenangan keluarga mereka," kata Bachelet. Ia pun mengkhawatirkan bertambahnya korban jiwa akibat bencana ini.

Seorang pejabat setempat pun menyebutkan kebakaran ini merupakan bencana terburuk di wilayah itu. "Kami khawatir api akan merambat ke pusat kota dan meningkatkan status darurat yang lebih parah," kata gubernur Ricardo Bravo.

Upaya pemadaman api pun terhambat oleh kencangnya angin dari Samudera Pasifik. Sebagian wilayah Valpraiso kini juga tak dialiri listrik dan warganya mengeluhkan menderita akibat menghirup asap kebakaran.

Kebakaran mulai terjadi pada Sabtu kemarin. Para warga pun telah diungsikan di tempat pengungsian. Kebakaran sering terjadi di Cili tengah yang dipicu oleh tingginya suhu pada musim panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement