Senin 14 Apr 2014 17:23 WIB

Nikaragua Kembali Digoyang Gempa

Rep: ahmad islamy jamil/ Red: Muhammad Hafil
Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MANAGUA -- Nikaragua kembali diguncang gempa pada Senin (14/4) pagi, waktu setempat. Ini adalah kali ketiganya negeri itu digoyang gempa dalam waktu kurang dari sepekan terakhir. Seorang pejabat pada lembaga otoritas seismologi Nikaragua mengatakan, gempa yang melanda ibu kota Managua kali ini berkekuatan 5,6 skala Richter (SR).\

“Namun, karena pusatnya berada pada kedalaman yang terbilang dangkal, maka dampaknya terasa lebih besar,” kata pejabat itu seperti dikutip dari World Bulletin.

Lembaga Survei Geologi AS (USGS) melaporkan, gempa bumi terjadi sekitar 6 km (4 mil) barat laut dari ibu kota Managua pada kedalaman 14 km. Awalnya, magnitudo yang terpantau oleh USGS adalah 5,1 SR. Namun, berdasarkan catatan terakhir lembaga tersebut, kekuatan gempa hari ini mencapai 5,6 SR.Layanan darurat di Managua memeriksa dampak akibat gejala alam tersebut.

Akan tetapi, sampai berita diturunkan, mereka belum lagi melaporkan adanya kerusakan.Sebelumnya, gempa bumi juga melanda Nikaragua pada hari Kamis (10/4) dan Jumat (11/4) pekan lalu. Yang terakhir, kekuatan gempa tersebut mencapai 6,6 SR dan terasa getarannya hingga ke negara-negara tetangga seperti El Salvador dan Kosta Rika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement