Rabu 16 Apr 2014 05:38 WIB

Bayi Ini Lahir dengan Empat Tangan dan Kaki

Rep: Friska Yolandha/ Red: Hazliansyah
Bayi kembar Siam (ilustrasi)
Foto: Antara/R Rekotomo
Bayi kembar Siam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HUIZHOU -- Seorang bayi laki-laki lahir dengan empat tangan dan empat kaki di Huizhou, Cina. Bayi ini seharusnya terlahi kembar. Namun, kembarannya tidak tumbuh sempurna sehingga menjadi parasit pada perut si bayi.

Belum genap berusia satu bulan, bayi ini menjalani operasi untuk mengamputasi bagian dari kembarannya di sebuah rumah sakit di Provinsi Guangdong. Dokter berhasil mengamputasi lengan dan kaki si bayi. Saat ini, kondisinya stabil.

"Mereka seharusnya kembar. Namun satu diantaranya tidak berkembang dan menjadikannya cacat," ujar Kepala Ahli Bedah Guangzhou Women and Children's Medical Centre, Yu Jiakang, seperti dilansir Daily Star, Rabu (16/4).

Bayi yang belum bernama ini memiliki bobot tiga kilogram ketika dilahirkan. Setelah kembar siamnya diamputasi, bobotnya berkurang 0,6 kilogram.

Sebelumnya, ayah si bayi berupaya mencari rumah sakit yang mampu menangani kondisi anaknya. Sayang, tidak ada rumah sakit lokal yang mau menerimanya. Laki-laki yang hanya disebut sebagai Chen ini menyalahkan dirinya sendiri atas kondisi bayinya. Ia merasa tidak menjaga istrinya selama masa kehamilan. 

"Saya hanya peduli pada pekerjaan. Saya hanya memikirkan menghasilkan uang daripada membawanya ke rumah sakit untuk diperiksa," kata Chen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement