Kamis 17 Apr 2014 07:01 WIB

Kiev Desak Moskow Berhenti Dukung 'Kegiatan Teroris' di Ukraina

Konflik di Ukraina
Foto: VOA
Konflik di Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Ukraina akan menuntut Rusia menghentikan dukungannya kepada "kegiatan teroris" di wilayahnya. Demikian kata Menteri Luar Negeri Ukraina, Andriy Deshchytsya, Rabu pada malam menjelang pembicaraan krisis dengan Moskow, AS dan Uni Eropa.

"Permintaan utama kami adalah untuk meredakan situasi di Ukraina timur. Kami ingin Rusia untuk menarik pasukan dari perbatasan timur Ukraina. Kami ingin Rusia untuk tidak mendukung kegiatan teroris di timur Ukraina," kata Andriy Deshchytsya setelah dia mendarat di Jenewa untuk pertemuan Kamis.

Kiev telah menuduh Moskow mengirimkan pasukan khusus secara rahasia ke Russified timur Ukraina dan selatan kepada militan pro- Rusia untuk menghadapi dan mengacaukan negara. Rusia juga telah mengumpulkan puluhan ribu tentara di perbatasan Ukraina.

Deshchytsya akan menyampaikan serangkaian tuntutan lainnya kepada Moskow saat ketegangan-ketegangan antara dua tetangga melonjak.

"Kami ingin mereka untuk mengkonfirmasi bahwa Krimea merupakan bagian yang terintegrasi dari Ukraina. Kami ingin Rusia untuk menarik pasukan dari Krimea dan menyangkal keputusan parlemen Rusia untuk memungkinkan pemerintah menggunakan pasukannya di wilayah Ukraina," katanya.

Rusia merebut Russified semenanjung Krimea Ukraina pada Maret, beberapa pekan Kiev setelah penggulingan pemimpin Ukraina pro-Moskow Viktor Yanukovych sesudah empat bulan aksi-aksi protes pro-Eropa.

Moskow telah berulang kali berpendapat bahwa pihaknya perlu untuk melindungi etnis Rusia dari nasionalis Ukraina, namun Kiev menolak hal itu.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement