Kamis 17 Apr 2014 09:29 WIB

Militer Nigeria Bebaskan Siswi yang Diculik

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fernan Rahadi
Peta Nigeria
Foto: Antara
Peta Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Pasukan Nigeria telah membebaskan lebih dari 100 murid perempuan yang diculik oleh sejumlah pria bersenjata di timur laut Borno. Juru bicara militer, Chris Olukolade, mengatakan salah satu pria yang terlibat dalam penculikan tersebut telah ditangkap.

"Dengan perkembangan ini, kepala sekolah mengkonfirmasi bahwa masih ada delapan siswa yang hilang," kata Olukolade seperti dilansir dari Aljazirah. Ia pun menegaskan masih akan melanjutkan pencarian korban penculikan.

Olukolade sendiri tidak menjelaskan bagaimana pasukan Nigeria membebaskan mereka serta tidak menyebutkan lokasi pembebasan. Sebelumnya, militer Nigeria melaporkan terdapat 129 siswa yang diculik. Para penculik membunuh seorang tentara dan polisi yang menjaga sekolah sebelum menculik para siswanya.

Dalam peristiwa ini, belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab. Meskipun begitu, kelompok militan Boko Haram diduga terlibat dalam penculikan ini.

Juru bicara Presiden Goodluck Jonathan, Reuben Aabati, mengatakan presiden telah memerintahkan militer untuk menyelamatkan para siswa yang diculik serta mengadakan pertemuan dengan dewan keamanan nasional membahas keamanan negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement