Kamis 17 Apr 2014 11:57 WIB

Spanyol Pulangkan Tujuh Imigran Gelap Maroko

Imigran gelap (ilustrasi)
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Imigran gelap (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Spanyol, Rabu, mengirim kembali ke Maroko tujuh imigran sub-sahara Afrika yang tiba di pulau tak berpenghuni Spanyol di dekat Pantai Maroko dengan perahu karet. Demikian kata para pejabat.

Para imigran itu terlihat oleh tentara Spanyol pada Selasa setelah mereka mendarat di Pulau Congress sekitar empat kilometer (2,5 mil) dari Maroko.

''Para prajurit memberikan makanan dan air kepada para imigran itu dan mengembalikan mereka ke Maroko setelah pemeriksaan kesehatan memutuskan mereka kondisi kesehatan mereka baik,'' menurut perwakilan pemerintah Spanyol di Melilla, yang dekat dengan pulau itu dalam sebuah pernyataan.

Spanyol memiliki dua ceruk di pantai Mediterania Afrika Utara, Melilla dan Ceuta, dan beberapa pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Pulau Congress --salah satu dari tiga pulau yang membentuk Kepulauan Chafarinas-- berukuran sekitar 25 hektar ( 60 hektar ).

"Kami jelas tidak bisa membiarkan terbukanya rute lain untuk imigrasi ilegal," kata Abdelmalik El Barkani, perwakilan pemerintah Spanyol di Melilla dalam pernyataan itu.

"Ini adalah situasi yang sangat rumit di mana kita semua harus bertindak dengan penuh tanggung jawab. Saya mengatakan semua yang saya lakukan merujuk pada Spanyol, Maroko dan Uni Eropa,'' katanya.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement