Kamis 17 Apr 2014 21:46 WIB

Ukraina Pecat Tentaranya Yang Ciut Hadapi Militan Pro-Rusia

Konflik di Ukraina
Foto: VOA
Konflik di Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Ukraina, Kamis, membubarkan satuan tentara yang melepaskan enam kendaraan lapis bajanya kepada gerilyawan pro-Rusia ketika militer Kiev gagal mendepak pemberontak di wilayah timurnya itu.

"Brigade parasut 25, yang anggotanya memperlihatkan sikap pengecut dan melepaskan senjata mereka, akan dikeluarkan dan anggotanya yang bersalah akan disidangkan," kata presiden sementara Ukraina, Oleksandr Turchynov, kepada parlemen.

Tentara Ukraina yang kian lemah pada Rabu dipermalukan ketika operasi "antiteroris" yang penuh sensasi untuk menekan para pengunjuk rasa pro-Moskow keluar dari kota-kota di sepanjang wilayah timur tidak berhasil menjalankan misinya.

Para separatis merebut enam kendaraan personel lapis baja serta menekan barisan tentara untuk meletakkan senjata mereka.

Kementerian pertahanan Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan, Kamis, barisan kendaraan lapis baja serta tentara-tentara --yang satu hari sebelumnya dihadang oleh para pegiat pro-Rusia di kota Kramatorsk-- telah kembali ke markas mereka setelah pertikaian yang menegangkan.

Aksi menyerah itu merupakan pukulan serius terhadap spirit angkatan bersenjata Ukraina yang terpukul dan harapan Kiev untuk menegakkan kembali kekuasaannya di daerah industri.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement