Jumat 18 Apr 2014 23:24 WIB

AS Puji Dukungan Bulgaria-Slovakia Soal Ukraina

Wapres AS Joe Biden
Wapres AS Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dalam dua pembicaraan telepon terpisah Kamis malam, Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemimpin Bulgaria dan Slovakia untuk dukungan mereka atas Ukraina serta mitra mereka di Eropa. Demikian menurut pernyataan Gedung Putih.

Berbicara kepada Presiden Bulgaria Rosen Plevneliev, Biden meyakinkan bahwa Amerika Serikat berkomitmen kuat untuk pertahanan kolektif sekutu NATO dan berterima kasih kepadanya untuk dukungan Bulgaria untuk kemitraan Euro-Atlantik.

Kedua pemimpin berikrar memberikan dukungan penuh mereka untuk kemajuan Ukraina sebagai negara merdeka, kesatuan, dan demokratis. Mereka juga menekankan bahwa Rusia perlu melakukan segera tindakan nyata untuk meredakan situasi di Ukraina timur.

Isu-isu bilateral yang juga dibahas diantaranya upaya-upaya untuk pemberantasan korupsi, meningkatkan akuntabilitas demokratis, dan mendukung media independen di Bulgaria dan seluruh Eropa.

Mengenai pembicaraan dengan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico, Biden menyampaikan terima kasih atas komitmen Slowakia untuk memperkuat keamanan energi di Eropa, termasuk dengan mendukung arus balik gas ke Ukraina secara alami.

Dia lebih lanjut menekankan dukungan AS untuk resolusi diplomatik terhadap krisis di Ukraina, pengingkaran kontingen Rusia dan aksi-aksi pengacauan di negara itu.

Kedua pemimpin setuju bahwa Rusia akan menghadapi meningkatnya konsekuensi atas tindakannya jika kebuntuan terus meningkat.

sumber : Antara/KUNA-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement