Kamis 24 Apr 2014 17:50 WIB

Kesiapan Indonesia Hadapi MEA Capai 83 Persen

Masyarakat Ekonomi ASEAN
Foto: blogspot.com
Masyarakat Ekonomi ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kesiapan Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015 mencapai 83 persen, dan diharapkan dalam beberapa waktu ke depan akan terus meningkat. "Berdasarkan skor yang ada saat ini Indonesia sudah mencapai 82 sampai 83 persen," kata Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo di sela-sela Senior Economics Official Meeting (SEOM) di Solo, Kamis (24/4).

Iman mengatakan pencapaian sebesar 83 persen tersebut masih masuk dalam kategori pencapaian yang rendah dalam ASEAN apabila dibandingkan dengan negara anggota seperti Singapura dan Brunei Darussalam. "Tapi kita tekankan, jangan membandingkan Indonesia dengan negara yang memiliki skor tinggi seperti Singapura dan Brunei, karena perekonomian kita berbeda," kata Iman.

Menurutnya, pencapaian skor tersebut berbeda dengan Singapura dan Brunei Darussalam dikarenakan kegiatan produksi Indonesia mencakup wilayah yang cukup luas jika dibandingkan dengan negara-negara tersebut. Iman menambahkan, salah satu yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana Indonesia mampu melihat MEA tersebut sebagai suatu kesempatan untuk lebih mengembangkan perekonomian Indonesia.

Menurut Iman, beberapa kesempatan tersebut bisa diambil dari adanya penurunan tarif yang sudah dibuka sejak tahun 2010 lalu, dan juga bidang jasa meskipun masih ada beberapa sektor yang masih menunggu Mutual Recognition Agreement (MRA) terkait dengan standar profesi. "Secara umum menurut saya, kita sudah menyatu dengan ASEAN. Sekarang yang harus kita tanamkan adalah bahwa pasar kita adalah ASEAN bukan hanya Indonesia, itu yang perlu terus kita kembangkan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement