Selasa 29 Apr 2014 11:38 WIB

George Clooney Mundur Jadi Duta PBB, Ada Apa?

George Clooney
Foto: Reuters
George Clooney

REPUBLIKA.CO.ID, PBB- Peraih Academy Award George Clooney mengundurkan diri dari tugasnya sebagai Duta Perdamaian PBB karena aktor yang baru bertunangan itu tidak memiliki waktu untuk memainkan perannya mempromosikan upaya menjaga pedamaian badan dunia tersebut, demikian pernyataan PBB Senin.

"Setelah enam tahun menjalankan tugasnya, Clooney merasa sudah saatnya untuk pensiun dari tugas resminya sebagai Duta Perdamaian," kata jurubicara PBB Stephane Dujarric.

Dujarric mengucapkan selamat atas pertunangan Clooney dengan pengacara hak asasi manusia Amal Alamuddin. "Tuntutan pembagian waktu dalam kehidupan profesional dan advokasi seringkali menyulitkan tokoh-tokoh penting untuk menjalankan tugas resmi di Perserikatan Bangsa-Bangsa," katanya.

Sebagai duta perdamaian, Clooney bepergian ke Republik Demokrasi Kongo dan Sudan Selatan. Dujarric mengatakan Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon berharap di masa depan akan ada peluang bagi PBB untuk berkolaborasi lagi dengan Clooney.

Pada 2010, Clooney membantu membentuk proyek satelit Sentinel, yang menjejaki kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan massal di Sudan. "Pensiun dari tugasnya di PBB akan memberinya kebebasan untuk terus melangkah maju dengan proyek-proyek advokasi personal dan aktivitas lain," kata Dujarric.

Saat Clooney dinobatkan sebagai Duta Perdamaian PBB pada 2008, Ban menyebut aktivitasnya dalam meningkatkan kepedulian terhadap kekerasan di kawasan konflik Darfur, Sudan, dimana ia menggalang bantuan bagi jutaan orang yang mengungsi akibat konflik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement