Selasa 29 Apr 2014 18:38 WIB

Buldoser Israel Hancurkan Masjid di Tepi Barat

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Nidia Zuraya
Buldoser Israel
Foto: silwanic.net
Buldoser Israel

REPUBLIKA.CO.ID, TEPI BARAT — Buldoser Israel menghancurkan sebuah masjid dan tiga rumah di Kota Nablus, Tepi Barat, Selasa (29/4). “Pagi ini, delapan belas jip militer dan dua buldoser Israel menyerbu permukiman di Kherbt Al Taweel, Nablus. Mereka menyatakan wilayah ini sebagai zona militer tertutup,” kata salah satu pejabat otoritas Palestina, Ghassan Daghlas, kepada Anadolu Agency.

Ketua Dewan Desa Kherbt Al Taweel, Jawdat Bani Jabr mengatakan, buldoser Israel telah menghancurkan tiga rumah warga Palestina dan satu-satunya masjid kawasan tersebut. Aparat Zinois berdalih semua bangunan yang dirubuhkan itu tidak memiliki izin.

“Israel telah lama berusaha untuk mengontrol desa ini karena letaknya yang strategis, menghadap Lembah Yordan,” ujar Jawdat seperti dikutip World Bulletin, Selasa (29/4).

Israel telah membangun hampir 21 pemukiman Yahudi di Lembah Yordan yang mereka anggap sebagai zona penyangga ekonomi dan keamanan. Pemerintah Zionis ingin menjaga wilayah tersebut di bawah kendali mereka dalam kesepakatan perdamaian di masa depan dengan Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement