Sabtu 03 May 2014 20:17 WIB

Hiu 4 Meter Buntuti Perahu Nelayan Di Perth

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, PERTH -- Seorang nelayan Australia barat berhadapan cukup dekat dengan seekor hiu sepanjang 4 meter. Kejadian ini terjadi setelah hewan laut buat itu mengelilingi perahu sang nelayan di perairan selatan Perth.

Dan Zovko, 42 tahun, mencari ikan di 100 meter lepas pantai ‘Dawnseville Cut, Rabu (30/4) lalul. Dirinya merasakan datangnya ikan besar di bagian belakang perahunya. “Ikan itu menyentuh badan perahu. Ukurannya sebesar perahu saya,” ujarnya, belum lama ini.

Dan menambahkan, hiu tersebut berpindah ke sisi perahu dan tampaknya menyadari bahwa perahu yang ia buntuti berpenumpang. Hiu yang membuntuti Dan tidak agresif walau sempat bertahan di sekitar perahunya selama 5 menit, mengelilingi perahu hingga tiga kali dengan area putaran seluas 6 meter.

Dan menggambarkan bahwa pertemuannya dengan Hiu itu sebagai peristiwa yang tak terlupakan. Setelah hiu itu pergi, Dan menepi ke pinggir laut dan memberi peringatan kepada para peselancar di sekitar area tersebut untuk menyingkir dari air.

Para peselancar itu akhirnya pergi, walau tak lama kemudian kembali masuk ke air setelah menganggap peringatan Dan berkaitan dengan kemunculan lumba-lumba.

Ada sekitar 80 orang di bibir pantai saat Dan datang menepi dan memberi peringatan.

Hiu yang membuntuti Dan muncul pada hari yang sama ketika pemerintah negara bagian setempat mencabut perangkap drum di sekitar pantai, setelah 3 bulan masa percobaan berakhir.

Selama masa percobaan itu, hiu macan hingga hiu putih berukuran lebih dari 3 meter yang menampakkan diri di sekitar perangkap drum tersebut, dibunuh. Pemerintah setempat kini tengah meminta persetujuan Pemerintah Federal untuk memperpanjang program perangkap tersebut untuk masa 3 tahun ke depan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement