Ahad 04 May 2014 17:29 WIB

Lima Negara Terkaya Versi Bank Dunia

Rep: Elba Damhuri/ Red: Fernan Rahadi
Bank Dunia
Bank Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Bank Dunia bersama International Comparison Program (ICP) mengumumkan kinerja ekonomi 199 negara di seluruh dunia. Lima negara muncul sebagai paling kaya di dunia dengan pendapatan per kapita di atas 70 ribu dolar AS per tahun atau di atas Rp 600 juta.

Kelima negara itu adalah Qatar, Makau, Cina, Luksemburg, Kuwait, dan Brunei. Qatar masih negara paling kaya di dunia dengan pendapatan per kapita mencapai 144 ribu dolar AS per tahun. Jumlah ini sekitar Rp 1,5 miliar jika dikurskan ke dalam rupiah.

Rata-rata pendapatan penduduk Qatar per bulan sekitar Rp 140 juta atau hampir Rp 5 juta per hari. Qatar tumbuh sebagai negara terkaya berkat majunya industri minyak, gas, dan manufaktur kimia. Penduduk Qatar sekitar tiga juta jiwa.

Makau, salah satu tujuan wisata dunia, menempati urutan kedua sebagai negara terkaya dengan pendapatan per kapita 115 ribu dolar AS per tahun. Luksemburg menyusul dengan pendapatan 88 ribu dolar AS, Kuwait 85 ribu dolar AS, dan Brunei Darussalam dengan pendapatan per kapita 74 ribu dolar AS per tahun.

Paritas daya beli merupakan salah satu tolak ukur menentukan nilai riil daya beli masyarakat. Caranya, dengan membandingkan harga barang dan jasa di negara tertentu dengan di negara lain. Perbandingan itu dilakukan berdasarkan perhitungan patokan kurs, terutama dolar AS.

Perhitungan ini pun telah memperhitungkan faktor teknis perdagangan seperti transportasi dan faktor ekonomi makro, terutama inflasi. Dengan perhitungan ini, nilai mata uang dua negara bisa ditentukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement