Senin 05 May 2014 21:19 WIB

Gempa 6 SR Guncang Thailand Utara

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Gempa bumi berkekuatan 6 skala Richter (SR) mengguncang Thailand utara, Senin (5/5).  Meski menyebabkan beberapa kerusakan pada bangunan dan jalan, namun tidak ada laporan mengenai adanya korban dalam bencana tersebut.

Menurut US Geological Survey (USGS), gempa kali ini melanda 17 mil (27 km) barat daya dari Kota Chiang Rai. Akan tetapi, efeknya terasa hingga ke ibu kota Bangkok, juga sejumlah daerah di negara tetangga Myanmar.

“Ada kerusakan ringan pada beberapa bangunan di Chiang Rai. Selain itu, banyak pula barang di toko-toko yang berserakan akibat gempa tersebut. Kami juga melihat retakan pada gedung-gedung,” kata seorang perwira polisi setempat kepada Reuters, seperti dikutip World Bulletin, Senin (5/5).

Masih menurut USGS, pusat gempa terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal, yakni 7,4 km (4,5 mil). Kota Chiang Rai yang terletak di utara pegunungan Thailand, berdekatan lokasinya dengan perbatasan Myanmar dan Laos.

“Tidak ada korban luka yang dilaporkan sejauh ini, tapi kami mendengar bahwa beberapa jalan provinsi telah mengalami beberapa kerusakan disertai celah-celah besar yang muncul,” kata perwira itu lagi yang menolak disebutkan namanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement