Selasa 06 May 2014 06:16 WIB

Dua Kapal Imigran Terbalik di Perairan Yunani

Salah satu kapal imigran gelap (ilustrasi).
Foto: english.globalarabnetwork.com
Salah satu kapal imigran gelap (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Pengawal pantai Yunani mengatakan dua kapal yang membawa puluhan migran terbalik di Laut Aegea. Paling tidak 22 orang tenggelam dan tujuh lainnya hilang.

"Tiga puluh enam penumpang sudah diselamatkan dari laut dan pencarian masih terus dilakukan," kata para pejabat setempat.

Dua kapal terbalik sekitar empat mil lepas pantai Pulau Samos, Yunani, dekat pantai Turki pada hari Senin (5/5). Pejabat setempat mengatakan mereka tidak mengetahui kewarganegaraan migran. Penyebab kecelakaan juga belum jelas. Kapal penjaga pantai, kapal nelayan, dua helikopter pencari dan penyelamat, serta kapal pesiar membantu pencarian korban.

Yunani adalah pintu masuk utama bagi Klik migran dan pengungsi untuk memasuki Uni Eropa. Banyak orang melintasi laut dari Turki dan kecelakaan sering terjadi.

Dalam setahun terakhir dilaporkan terjadi peningkatan tajam lalu lintas pengungsi lewat laut karena semakin ketatnya pengawasan perbatasan darat Yunani-Turki, dan terus berlanjutnya perang Suriah. Yunani, Italia, dan Malta berulang kali meminta rekan anggota Uni Eropa untuk lebih membantu mengatasi banyaknya migran yang mendarat di pantai mereka. Kapal biasanya terlalu penuh penumpang dan diatur pedagang gelap di Turki yang meminta bayaran ribuan dolar AS.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement