Selasa 06 May 2014 08:26 WIB

Korut Permudah Visa Wisatawan Cina

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: A.Syalaby Ichsan
Turis Cina hobi berlibur ke luar negeri (Ilustrasi)
Foto: marketingtochina
Turis Cina hobi berlibur ke luar negeri (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG--Korea Utara dan Cina sepakat mempermudah prosedur izin visa bagi wisatawan Cina ke Korea Utara. Ini merupakan upaya Pyongyang mendongkrak sektor pariwisatanya.

Kesepakatan tersebut memudahkan warga Cina di Provinsi Jilin dan Liaoning untuk melintas ke Korea Utara hanya dengan mengurus visa selama 24 jam. Padahal sebelumnya dibutuhkan waktu dua hari, demikian dilansir China Daily, Senin (5/5).

Belum dipastikan kapan prosedur ini mulai berlaku. Tapi Korea Utara sudah mulai mengampanyekan program baru tur sehari di Korea Utara sejak pekan lalu.

Wisatawan Cina bersepeda di Kota Tumen, Provinsi Jilin, Cina, dikabarkan sudah bisa melintas masuk kota perbatasa Onsong di negeri pimpinan Kim Jong-un itu.

Kantor berita Yonhap, Senin (5/5) melansir pekan lalu Cina mulai membuka rute jalur kereta ke kota pelabuhan Chongjin, Korea Utara, setelah setahun dilakukan renovasi jalur. Petugas agen perjalanan resmi Cina, Zhang Weidong, menyampaikan sekitar 2.000 wisatawan menggunakan jalur kereta itu sebelum renovasi pada 2012.

''Jumlah itu diprediksi meningkat menjadi 7.000 orang tahun ini,'' kata Zhang. Dibutuhkan dana sekitar 1.900 yuan (304 dolar AS) untuk melakukan perjalanan empat hari menuju Korea Utara.

Sejak tahun lalu, Pyongyang mulai menggiatkan upayanya menarik wisatawan asing termasuk membuka tambahan jadwal penerbangan internasional dan domestik.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement