Jumat 09 May 2014 19:56 WIB

Putin Rayakan 'Hari Kemenangan' di Crimea

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: A.Syalaby Ichsan
Russia's President Vladimir Putin (file photo)
Foto: Reuters/Aleksey Nikolsky/Ria Novosti
Russia's President Vladimir Putin (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, SEVASTOPOL -- Untuk pertama kalinya sejak aneksasi Rusia atas Crimea, Presiden Vladimir Putin menunjukan dirinya di bagian selatan negara Ukraina tersebut, Jumat (9/5). Kedatangannya dalam rangka perayaan tahunan Victory Day untuk merayakan kemenangan Rusia atas Nazi.

Ia tiba di pelabuhan angkatan laut Sevatospol setelah menghadiri perayaan Victory Day di Red Square Moskow. Selama beberapa dekade, Putin selalu menghelat perayaan ini sebagai pembangkit kekuatan, patriotisme dan nasionalisme. 

Pada kunjungan pertamanya setelah aneksasi wilayah semenanjung laut hitam, ia mengenang tempat tersebut sebagai cikal bakal kekuatan Rusia di kancah dunia. Kedatangan Putin ke Crimea dikonfirmasi oleh kantor berita Rusia Interfax. 

Sevastopol pada Jumat juga merayakan 70 tahun kebebasan atas okupansi Nazi. Sementara di Rusia, perayaan itu disebut Victory Day yang baru menginjak tahun ke 69 setelah penyingkiran Hitler. Beberapa pemimpin Rusia juga dikabarkan akan berkunjung untuk bertemu para veteran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement