Jumat 09 May 2014 21:16 WIB

Putin: Ini Adalah Hari Kemenangan Rusia

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Joko Sadewo
President Rusia Vladimir Putin
Foto: Reuters/Aleksey Nikolsky/Ria Novosti
President Rusia Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, SEVASTOPOL — Rakyat Rusia merayakan Hari Kemenangan (Victory Day) mereka, Jumat (9/5) ini. Hari ini menjadi penting bagi mereka, karena menandai 69 tahun kemenangan Rusia atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Namun, ada sedikit perbedaan pada perayaan kali ini bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Presiden Rusia Vladimir Putin justru menyengajakan diriya menyambangi Crimea.

Ini menjadi kunjungan pertama Putin ke wilayah sengketa tersebut sejak Rusia menganeksasinya dari Ukraina beberapa waktu lalu. CNN melaporkan, Putin tiba di negeri semenanjung tersebut untuk ambil bagian dalam perayaan yang digelar di ibu kota Crimea, Sevastopol.

Sebelum bertolak ke Sevastopol, pemimpin Rusia itu sempat pula menghadiri serangkaian acara peringatan Hari Kemenangan di Moskow. Beberapa kegiatan yang digelar di sana di antaranya berupa parade militer dengan menampilkan puluhan helikopter, atraksi pesawat tempur, tank, sistem rudal mobile, dan kendaraan lapis baja.

Dalam sambutannya, Putin memuji patriotisme dan loyalitas rakyat Rusia kepada negara mereka.“Ini adalah hari libur ketika semua patriot kita meraih kemenangan untuk negara. Ketika kita semua merasakan betapa pentingnya membela dan berkorban untuk Tanah Air,” kata Putin di depan pasukan militer Rusia yang berkumpul di Moskow yang segera disambut dengan teriakan dari ‘Hore! Hore!’.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement