Senin 12 May 2014 18:58 WIB

Boko Haram Tawarkan Pertukaran Sandera

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: A.Syalaby Ichsan
Boko Haram
Foto: Times Live
Boko Haram

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Dalam sebuah video yang diperoleh oleh kantor berita AFP pada Senin (12/5), Boko Haram menunjukan gadis-gadis yang mereka culik dari Sekolah Chibok pada 14 April lalu.

Ketua Boko Haram Abubakar Shekau mengatakan gadis-gadis itu sudah berganti keyakinan dan masuk Islam. Dalam video, tampak gadis-gadis berkulit hitam menggunakan hijab panjang berwarna abu-abu sedang duduk beramai-ramai.

Shekau berbicara selama sekitar 17 menit sebelum menunjukan sekitar 130 siswi-siswi tersebut. Lokasi pengambilan gambar tidak bisa dipastikan.Sekitar 267 siswi yang diculik di negara bagian Borno itu berasal dari komunitas Kristiani.

Ada tiga orang siswi yang ikut berbicara dalam video tersebut. Dua diantara mereka mengatakan mereka telah menjadi Muslim dari sebelumnya beragama Kristen, sementara satu siswi lagi mengatakan, ia Islam sejak awal.Dalam video tersebut mereka terlihat tenang.

''Kami tidak disakiti atau terluka,'' kata salah satu diantara mereka dikutip dari Aljazirah. Meski kualitas video lebih baik dari video sebelumnya, belum bisa dipastikan kapan dan dimana rekaman tersebut dibuat.

Shekau berbicara terpisah dari gadis-gadis tersebut. Ia berbicara dilatarbelakangi kain hijau dan membawa senjata otomatis. ''Kami tidak akan membebaskan gadis-gadis itu hingga kalian membebaskan rekan kami,'' kata dia.

Ia mengatakan rekan-rekan Boko Haram mereka dipenjara selama hampir lima tahun oleh Nigeria.Ia ingin pemerintah membebaskan tawanan Boko Haram dan mereka akan membebaskan gadis-gadis yang telah mereka culik. Belum ada tanggapan dari pihak pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement