Kamis 15 May 2014 14:01 WIB

Berlian Biru Terjual Rp 274 Miliar

Berlian Biru
Foto: Petra Diamonds
Berlian Biru

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Sebentuk berlian biru luar biasa yang terbesar dalam jenisnya, laku terjual seharga 23,79 juta dolar Amerika (Rp 274 miliar) melalui rumah lelang Christie di Jenewa pada Rabu.

Penjualan berlian 13,22 karat yang disebut secara sederhana sebagai "Si Biru" itu hanya berselang satu hari setelah rumah lelang Sotheby's menjual berlian kuning mulus berukuran 100 karat dengan harga 16,3 juta dolar AS. Kedua penjualan itu sudah termasuk komisi.

Berlian jingga terbesar di dunia November lalu diketuk palu seharga 35,5 juta dolar AS juga di rumah lelang Christie di Jenewa.

Penjualan-penjualan tersebut berada dalam naungan meningkatnya popularitas berlian berwarna. Nilai berlian dulu antara lain juga ditentukan oleh kejernihannya.

Berlian berwarna lebih langka dibandingkan berlian putih, sehingga warna dapat melambungkan harganya dibanding hitungan karat. Bahkan, warna berlian dapat mengalahkan bentuk yang mulus serta tembus pandang.

Pakar perhiasan AS, Harry Winston, membeli berlian biru yang oleh Christie digambarkan sebagai berlian biru mewah terbesar di dunia, dari seorang penjual yang tidak disebutkan namanya.

"Mewah" (fancy vivid) adalah peringkat tertinggi untuk berlian berwarna. Perusahaan pembeli berencana untuk mengubah nama batu mulia berbentuk buah pir sebesar 13,22 karat itu dengan nama "Winston Biru".

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement