Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Meksiko Tahan Pemimpin Kartel Zetas

Jumat 16 Mei 2014 14:18 WIB

Red: Didi Purwadi

Anggota Zetas, kartel obat bius Meksiko, digelandang oleh anggota angkatan laut meksiko.

Anggota Zetas, kartel obat bius Meksiko, digelandang oleh anggota angkatan laut meksiko.

Foto: AP/Eduardo Verdugo

REPUBLIKA.CO.ID, MEXIO CITY -- Pasukan keamanan Meksiko menangkap seorang tersangka pemimpin kartel narkoba di Meksiko barat laut yang menguasai penyelundupan migran ke Amerika Serikat. Demikian kata para pejabat pada Kamis.

''Fernando Martinez Magana alias "Z16" ditangkap Rabu di Monterrey, negara bagian Tamaulipas,'' kata Komandan Keamanan Nasional, Monte Alejandro Rubido, kepada wartawan.

Martinez Magana (42) yang bersembunyi di Nuevo Laredo di sepanjang perbatasan dari Laredo, Texas. ''Ia pindah ke Monterrey karena khawatir akan ditangkap,'' kata Rubido. Kendaraan-kendaraan, senjata-senjata api dan narkoba disita dalam operasi penangkapan itu.

Martinez Magana adalah seorang penganjur aksi kekerasan yang tinggal selama beberapa pekan belakangan ini di Tamaulipas. Demikian kata Menteri Dalam Negeri, Miguel Angel Osorio Chong.

Tamaulipas, tempat sebagian besar perdagangan internasional di Meksiko, pernah dilanda gelombang aksi kekerasan, pergolakan senjata antara kartel Gulf dan Los Zetas.

Pasukan federal, Jumat waktu setempat, membunuh Galindo Melado yang merupakan anggota pendiri Los Zetas dengan alias "Z9".

sumber : Antara/AFP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA