Jumat 16 May 2014 14:18 WIB

Meksiko Tahan Pemimpin Kartel Zetas

Anggota Zetas, kartel obat bius Meksiko, digelandang oleh anggota angkatan laut meksiko.
Foto: AP/Eduardo Verdugo
Anggota Zetas, kartel obat bius Meksiko, digelandang oleh anggota angkatan laut meksiko.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXIO CITY -- Pasukan keamanan Meksiko menangkap seorang tersangka pemimpin kartel narkoba di Meksiko barat laut yang menguasai penyelundupan migran ke Amerika Serikat. Demikian kata para pejabat pada Kamis.

''Fernando Martinez Magana alias "Z16" ditangkap Rabu di Monterrey, negara bagian Tamaulipas,'' kata Komandan Keamanan Nasional, Monte Alejandro Rubido, kepada wartawan.

Martinez Magana (42) yang bersembunyi di Nuevo Laredo di sepanjang perbatasan dari Laredo, Texas. ''Ia pindah ke Monterrey karena khawatir akan ditangkap,'' kata Rubido. Kendaraan-kendaraan, senjata-senjata api dan narkoba disita dalam operasi penangkapan itu.

Martinez Magana adalah seorang penganjur aksi kekerasan yang tinggal selama beberapa pekan belakangan ini di Tamaulipas. Demikian kata Menteri Dalam Negeri, Miguel Angel Osorio Chong.

Tamaulipas, tempat sebagian besar perdagangan internasional di Meksiko, pernah dilanda gelombang aksi kekerasan, pergolakan senjata antara kartel Gulf dan Los Zetas.

Pasukan federal, Jumat waktu setempat, membunuh Galindo Melado yang merupakan anggota pendiri Los Zetas dengan alias "Z9".

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement