Ahad 18 May 2014 20:53 WIB

Bertanggung Jawab Atas Kecelakaan Batu Bara, Turki Tangkap 18 Orang

Polisi Turki menangkap para demostran terkait kecelakaan tambang batu bara di Soma.
Foto: AP
Polisi Turki menangkap para demostran terkait kecelakaan tambang batu bara di Soma.

REPUBLIKA.CO.ID,  ANKARA --  Sebanyak 18 orang termasuk pejabat pelaksana tambang batu bara Soma ditahan kepolisian Turki. Mereka dianggap bertanggung jawab terkait kecelakaan tragis tambang batu bara.

Manager operasi Perusahaan Tambang Batu Bara Soma Ramazan Dogru dan Insinyur Kepalanya Ak Celik termasuk di antara pejabat perusahaan itu yang ditahan. "Jaksa penuntut telah mengirim lima tersangka tersebut ke pengadilan, guna menuntut penangkapan mereka,"kata stasiun televisi lokal NTV seperti dilansir Xinhua, Ahad (18/5).

Sementara itu, pintu masuk tambang tersebut telah ditutup dengan tembok bata, setelah pemerintah menyerukan diakhirinya upaya pertolongan. Hanya pemeriksa dan jaksa penuntut yang menyelidiki kecelakaan tersebut diperkenankan memasuki daerah di sekitar tambang itu.

Ledakan tambang batu bara telah pada 13 Mei. Kebanyakan pekerja meninggal disebabkan oleh keracunan karbon monoksida. Kecelakaan itu adalah bencana paling parah semacam itu dalam sejarah Turki. Turki telah mengumumkan tiga hari masa berkabung buat korban kecelakaan tambang tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement