Senin 19 May 2014 04:54 WIB

Kepala Pertahanan Udara Suriah Tewas

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Chairul Akhmad
 Anggota kelompok perlawanan Jabhat al-Nusra menembakkan senjata ke arah pesawat tempur militer Suriah di Khan Sheikhoun, utara Provinsi Idlib, Sabtu (17/5).
Foto: Reuters/Hamid Khatib/c
Anggota kelompok perlawanan Jabhat al-Nusra menembakkan senjata ke arah pesawat tempur militer Suriah di Khan Sheikhoun, utara Provinsi Idlib, Sabtu (17/5).

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Kepala Pertahanan Udara Suriah Letnan Jenderal Gen Hussein Ishaq dilaporkan meninggal dunia dalam pertempuran di dekat Ibukota Damaskus.

Gen Hussein mengalami luka yang serius akibat serangan kelompok oposisi sebelum akhirnya meninggal.

Sebelumnya, pada Sabtu (17/5), kelompok perlawanan yang menentang pemerintah Suriah melancarkan serangan ke pangkalan pertahanan udara dekat Kota Mleiha. Gen Hussein termasuk yang menjadi salah satu korban serangan tersebut.

“Ia meninggal setelah pemberontak menyerang sebuah pangkalan pertahanan udara Suriah dekat Kota Mleiha,” ujar salah seorang pejabat pemerintah Suriah seperti dikutip BBC, Ahad (18/5).

Perihal kematian Gen Hussein itu juga ditegaskan oleh Observatorium HAM Suriah yang berbasis di Inggris. Namun, kantor berita resmi milik pemerintah Suriah, SANA, tidak melaporkan kematian perwiranya tersebut.

Gen Hussein adalah salah satu anggota perwira dengan pangkat tertinggi di Suriah. Kematian Gen Hussein menurut beberapa pengamat akan dapat meningkatkan semangat bagi mereka yang berjuang melawan pemerintah Presiden Bashar Assad.

Kematian Gen Hussein ini mengartikan bahwa pertahanan udara Suriah mengalami kemunduran dalam satu tahun terakhir ini. Terlebih, markas tersebut merupakan simbol penting kekuatan Suriah

“Markas pasukan pertahanan udara adalah daerah sengit yang diperebutkan dalam pertempuran saat ini,” tulis kantor berita AFP dalam situsnya.

Namun, ada beberapa pula yang menilai bahwa kematian Gen Hussein tidak akan berdampak panjang pada perang Suriah. Sebab, kematian Gen Hussein akan melahirkan perwira kuat lainnya seperti almarhum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement