Senin 19 May 2014 15:03 WIB

Indonesia Dorong Vietnam-Cina Berdamai

Rep: Esthi Maharani/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa menegaskan Indonesia terus mendorong agar Vietnam dan Tiongkok bisa berdamai. Hal ini menyusul ketegangan yang terjadi antara kedua negara perihal Laut Tiongkok Selatan.

"Usaha terus menerus kita lakukan, komunikasi dengan pihak Tiongkok maupun dengan pihak Vietnam, bisa dikatakan tidak berhenti. Intinya yang kita dorong adalah antara kedua pihak perlu ada komunikasi," katanya saat ditemui di Istana Negara, Senin (19/5).

Menurutnya, meski kedua negara ada perbedaan yang cukup tajam tetapi komunikasi dan upaya diplomasi harus dikedepankan. Ia menjelaskan laut tiongkok selatan masih menjadi wilayah sengketa dan tumpang tindih diantara kedua negara tersebut. Indonesia bukan bagian dari sengketa tersebut tetapi memiliki kepedulian untuk mencegah ketegangan yang bisa berdampak pada wilayah lain di kawasan.

Indonesia pun melakukan berbagai langkah agar ketegangan kedua negara bisa dikurangi. Indonesia, lanjutnya, memfasilitas komunikasi antar kedua negara.Tujuannya tak lain agar potensi konflik berubah menjadi potensi kerja sama.  

"Kita juga harus mencoba mengidentifikasi langkah-langkah untuk menurunkan ketegangan, apakah itu yang menyangkut di lautnya sendiri maupun di negara masing-masing. Jangan sampai ada letupan-letupan, dan ungkapan unjuk rasa dan seterusnya yang membuat situasi semakin keruh," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement