Kamis 22 May 2014 20:49 WIB

Australia Selatan akan Larang Pacuan Kuda Halang Rintang

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA -- Negara  bagian Victoria sebentar lagi akan menjadi satu-satunya kawasan yang membolehkan pertandingan balap kuda. Setelah dalam waktu dekat Australia Selatan dikabarkan akan mengikuti jejak negara bagian lain di Australia yang telah melarang kegiatan balap kuda dengan rintangan.

Kabar kemungkinan dilarangnya balap kuda dengan rintangan di Australia Selatan ini dibenarkan mantan kepala Klub Joki Australia Selatan, Steve Ploubidis. "Sepertinya balap kuda di Australia Selatan akan dibatasi pelaksanaan harinya,” kata Ploubidis di stasiun TV ABC, baru-baru ini.

Komentarnya ini menyusul insiden kecelakaan yang menimpa seekor kuda dalam acara balap kuda halang rintang baru-baru ini.

Kuda bernama Show Dancer itu terbentur keras ke palang kayu dalam acara balap kuda di Sandown, Victoria kemarin. Kuda itu terpental ke udara dan mendarat tepat dibagian lehernya. Sementara penunggangnya yang ikut terlempar berhasil selamat dari sejumlah luka serius, malang kuda itu terpaksa dimatikan secara paksa (euthanasia) di lokasi kejadian.

Ini merupakan kasus kematian kuda ketiga dalam lomba balap kuda halang rintang sejak musim kompetisi olahraga itu diselenggarakan di Victoria dan Australia Selatan, dua negara bagian yang sampai saat ini masih melegalkan balap kuda halang rintang.

Kematian kuda terakhir dalam pelaksanaan balap kuda terjadi di Australia Selatan pada masa pelatihan untuk event Oakbank Easter Racing Carnival.

Ploubidis, yang  telah memimpin Klub Joki selama 8 tahun mengatakan pelaksanaan lomba pacuan kuda halang rintang semakin sepi penonton, hal itu disebabkan karena aksi unjuk rasa yang selalu mewarnai pelaksanaan event Oakbank Carnival bebera waktu belakangan, selain itu jumlah penonton menurun 25% pada tahun ini.

"Mengingat ada kebencian yang terus menerus di masyarakat dimana pacuan kuda halang rintang dikaitkan dengan isu kekejaman terhadap hewan, kita harus mengakui kalau penolakan warga ini sudah tidak bisa diacuhkan lagi,”

Setiap tahun digelar empat kali lomba pacuan kuda halang rintang melalui event karnaval Oakbank di Adelaide hills.

Event The Great Eastern Steeplechase, yang diselenggarakan pada hari kedua balapan, merupakan salah satu ajang pacuan kuda halang rintang terpanjang di Australia Selatan dengan panjang arena pacuan di bawah lima kilometer.

 

 

Ikuti Kompetisi Belajar Bahasa Inggris di Australia gratis - Klik tautan berikut: https://apps.facebook.com/australiaplus

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement