Jumat 23 May 2014 07:27 WIB

Pemilu LIbya Akan Digelar Pada 25 Juni

Peta Libya.
Foto: Aljazeera
Peta Libya.

REPUBLIKA.CO.ID, TRIPOLI-- Libya akan menggelar pemilihan umum legislatif 25 Juni, kata parlemen sementara negara yang dilanda kerusuhan itu Kamis.

"Telah diputuskan bahwa Rabu 25 Juni, akan menjadi tanggal pemilu parlemen," kata Salah al-Makhzoum, wakil presiden Kongres Umum Nasional, membacakan sebuah pernyataan resmi.

Amerika Serikat Rabu mengatakan, pihaknya siap untuk membantu di mana diperlukan untuk pemilu di Libya, dalam rangka membuka jalan bagi keamanan yang lebih besar dan stabilitas di negara itu.

Pemerintah sementara di Tripoli telah mengindikasikan kemungkinan pemungutan suara pada Juni, tetapi meskipun pertempuran sengit di beberapa bagian negara, AS mengatakan pemilu masih bisa diadakan dalam rentang waktu itu.

"Kami siap untuk membantu dukungan persiapan pemilihan dari sini, Kami tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pihak guna mendorong dialog dan kesatuan serta untuk menghindari kekerasan lebih lanjut," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki.

"Langkah ke depan dengan pemilihan baru yang membentuk pemerintahan terwakili secara luas akan membantu meletakkan dasar bagi Libya yang lebih stabil."

Dia menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri John Kerry telah dalam diskusi tentang masalah itu Rabu pagi dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil Alaraby, Menteri Luar Negeri Mesir Nabil Fahmy, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davotoglu, dan Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius.

"Dia sudah berbicara dengan berbagai rekannya di seluruh dunia tentang keprihatinan bersama mengenai situasi yang mengerikan di Libya, dan apa yang bisa kita lakukan sebagai masyarakat internasional untuk mendukung proses bergerak maju," kata Psaki.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement