Jumat 23 May 2014 18:08 WIB

Korut Niat Ikut Asian Games di Korsel

Asian Games 2014 Incheon
Foto: www.ndtv.com
Asian Games 2014 Incheon

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Utara menyatakan bakal mengirim atlet-atletnya untuk mengikuti perhelatan Asian Games tahun ini di Korea Selatan. Rencana yang disampaikan Jumat (23/5) itu bahkan sudah disampaikan secara resmi kepada Dewan Olimpiade Asia.

"Komite Olimpiade Korea Utara memutuskan untuk mengirim sekelompok olahragawannya" ke Asian Games di kota Incheon, demikian  kantor berita milik Pyongyang, KCNA, melaporkan.

Sebelumnya Korea Utara sempat memboikot Olimpiade 1988 di Seoul. Namun pada 2002, negara tersebut mengirim sejumlah atlet dan pendukung untuk berpartisipasi dalam Asian Games tahun 2002 di kota pelabuhan sebelah selatan Korea Selatan, Busan.

Pada Juli tahun lalu, tim sepak bola wanita Korea Utara juga turut berkompetisi di Korea Selatan dan memenangi turnamen East Asian Cup yang juga diikuti oleh Jepang dan Cina.

Pergelaran Asian Games akan dilangsungkan pada 19 September sampai 4 Oktober tahun ini. Secara resmi, Korea Selatan mengundang negara tetangganya tersebut untuk berpartisipasi.

"Pernyataan Korea Utara (untuk mengikuti Asian Games) itu akan berperan penting dalam meredakan ketegangan di antara kedua negara," kata Yang Moo-Jin, profesor dari Universitas North Korean Studies yang terletak di Seoul.

"Pernyataan tersebut juga menunjukkan niat baik Korea Utara untuk bekerja sama dengan Korea Selatan di bidang non-militer, meskipun Pyongyang di sisi lain akan tetap mempertahankan sikap kerasnya terkait urusan keamanan."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement