Jumat 23 May 2014 23:32 WIB

IMF: Pertumbuhan Ekonomi Saudi Terus Meningkat

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Bilal Ramadhan
Seorang warga membawa bendera Arab Saudi (Ilustrasi)
Foto: REUTERS
Seorang warga membawa bendera Arab Saudi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH-- Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pencapaian pertumbuhan ekonomi Arab Saudi akan meningkat di atas empat persen pada 2014 dan 2015. Prediksi ini dimuat dalam laporan akhir Konsultasi Artikel IV IMF oleh tim yang ketuai Tim Callen, Ketua Misi IMF untuk Arab Saudi.

Laporan tersebut menyebutkan Saudi secara konsisten memainkan peran sistemik dalam menyeimbangkan pasal minyak global. Hal ini berkontribusi positif untuk ekonomi global. Secara reguler, Saudi adalah penyedia yang murah hati untuk memberi bantuan keuangan kepada negara-negara lain.

Sehingga pengiriman uang dari ekspatriat yang bekerja di negara Saudi juga memberi kontribusi penting sebagai pendapatan bagi banyak negara. ''Pemerintah sedang gencar melakukan reformasi ekonomi dan program investasi untuk perkembangan lebih lanjut,'' tertulis dalam laporan dikutip Alarabiya.

Keberagaman dalam sektor ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan progres lain sedang terus dilakukan. Pemerintah juga fokus pada perkembangan infrastruktur, meningkatkan lingkup bisnis, kualitas pendidikan juga keterampilan dan mempekerjakan lebih banyak orang Saudi di sektor private.

Namun, IMF memperkirakan surplus fiskal akan menurun pada 2014 karena pengeluaran pemerintah. Anggaran juga bisa defisit dalam beberapa tahun kedepan. Maka IMF menyarakan untuk memperlambat pengeluaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement