Sabtu 24 May 2014 19:19 WIB

AS Kirim Pesawat Pengintai ke Jepang

Pesawat pengintai AS
Pesawat pengintai AS

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Satu pesawat pengintai Amerika Serikat tiba di satu pangkalan udara di Jepang utara Sabtu untuk pertama kali pesawat mata-mata jenis itu digelar di negara itu, kata Angkatan Udara AS.

Pesawat Global Hawk dikirim ke Pangkalan Udara Misawa AS dari Guam "untuk mendukung missi-missi intelijen, pengintaian dan pengawasan AS dan melakukan operasi-operasi di seluruh wilayah Pasifik," kata Angkatan Udara AS di lamannya.

Pesawat pengintai yang dapat terbang sangat tinggi itu menurut rencana akan beroperasi sampai Oktober, katanya dan menambahkan bahwa penggelaran pesawat itu sebagian bertujuan untuk memantau topan yang sering melanda Guam pada musim panas

Pesawat itu juga diperkirakan akan digunakan utuk memantau Korea Utara dan Cina pada saat di mana program nuklir dan rudal Pyongyang dan keagresifan maritim Beijing meningkatkan kekhawatiran keamanan d Jepang, kata media lokal.

Dilengkapi dengan kemampuan komunikasi yang canggih Global Hawk dapat terbang dengan ketinggian 18.000 meter-- kira-kira dua kali lipat dari ketinggian terbang pesawat-pesawat penumpang komersial-- selama sekitar 30 jam.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement