Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Kelebihan Tenaga Perawat di Australia Bersifat Sementara

Sabtu 24 May 2014 20:46 WIB

Red: Maman Sudiaman

Perawat

Perawat

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Saat ini ada lebih dari 300 ribu perawat yang bekerja di seluruh rumah sakit di Australia. Baik kalangan serikat perawat maupun perawat sendiri sepakat kalau sektor tenaga  kerja bagi perawat akan terus berkembang seiring dengan pertambahan usia penduduk Australia.

Angkatan tenaga kerja Australia memperkirakan pada tahun 2025 Australia akan kekurangan lebih dari 109 ribu perawat di seluruh kawasan di Australia.

Oleh karena itu, Kepala Eksekutif Asosiasi Rumah Sakit Australia, Michael Roff, yakin kelebihan tenaga perawat yang terjadi saat ini hanya bersifat sementara.

"Saya kira yang terjadi saat ini hanya sumbatan penyerapan tenaga perawat yang bersifat sementara saja. Dan situasi ini terjadi karena kurangnya kolaborasi antara pemerintah dan universitas mengenai jumlah pelamar posisi perawat yang diterima,” katanya.

"Saya kita ada isu terkait situasi jangka pendek, tapi jika kita lihat beberapa tahun ke belakang kita akan membutuhkan seluruh lulusan perawat tersebut.”

Banyak dari tenaga perawat di Australia saat ini berusia 50 tahun dan mereka sudah mendekati usia pensiun, dan perawat yang berusia lebih muda akan terus melanjutkan estafet karir mereka.

Sebelumnya, Serikat Perawat Australia memperkirakan ribuan lulusan sekolah perawat di Australia tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan di rumah sakit. Padahal, biasanya permintaan perawat lulusan Australia sangat tinggi.

Penyebabnya, menurut perkiraan Serikat Perawat Australia sejumlah besar perawat asing yang menggunakan visa 457 telah mengambil alih pasar kerja mereka.

sumber : abc, radio australia
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA