Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Gempa Guncang Pantai Utara Yunani

Sabtu 24 Mei 2014 22:13 WIB

Red: Didi Purwadi

Gempa bumi (ilustrasi)

Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter melanda lepas pantai utara Yunani pada Sabtu. Gempa terasa sampai ke Turki dan Bulgaria, tetapi tidak ada laporan-laporan mengenai korban atau kerusakan serius.

Survai Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa itu terjadi sekitar 77 km barat daya bagian selatan Alexandroupolis, antara pulau-pulau Lemnos dan Samothrace, pada kedalaman 10 km. Dalam laporan pertama USGS menyebut kekuatan gempa itu 7,2 skala Richter.

Yunani, di ujung tenggara Eropa, sering dilanda gempa. Sebagian besar tidak menimbulkan kerusakan serius, tetapi gempa 5,9 skala Richter tahun 1999 menewaskan 143 orang.

''Di daerah-daerah Turki barat pada Sabtu pagi, penduduk panik dan lari ke jalan-jalan ketika gempa menggoyang gedung-gedung,'' kata laporan media lokal.

''Gempa itu juga melanda kota paling banyak penduduknya di Turki, Istanbul, serta kota pantai Aegea, Izmir,'' kata para saksi mata Reuters. Tetapi, tidak ada segera laporan-laporan kerusakan di sini.

Surat kabar Hurryiet Daily News mengatakan gempa juga terasa di provinsi yang banyak dikunjungi wisatawan, Antalya. Gempa sering terjadi di Turki, yang bersilang dengan garis geologi.

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA