Ahad 25 May 2014 09:29 WIB

Putin Tidak Terima Dibandingkan dengan Hitler

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Citra Listya Rini
Vladimir Putin
Foto: AP
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin keberatan dengan pendapat Pangeran Charles tentang dirinya. Pada Sabtu (24/5), Putin mengatakan komentar Pangeran Charles yang membandingkan dirinya dengan Adolf Hitler adalah sesuatu yang tak bisa diterima.

Presiden yang sedang bersitegang dengan barat karena krisis Ukraina itu mengatakan Pangeran Charles membuat komentar yang salah dan tidak bermartabat kerajaan. Clarence House menolak untuk berkomentar lebih lanjut.

''Baik perdana menteri Inggris juga pangeran Charles telah mengunjungi negara kita berkali-kali, dan aku tidak pernah mendengar dia mengatakan itu,'' kata Putin dalam wawancaranya seperti dikutip BBC. 

Menurut Putin, Pangeran Charles itu adalah orang yang dibesarkan dengan tata krama yang baik. ''Saya kenal baik dengan dia dan anggota keluarga kerajaan lain. Tapi jika dia mengatakan itu, maka itu bukan perilaku kerajaan,'' kata Putin.

Daripada mengomentari latar belakang Pangeran Charles berkomentar tentang tindakan Rusia menganeksasi Crimea, Putin lebih fokus pada hubungan Inggris Rusia yang bisa memburuk. Kontributor BBC Bridget Kendall mengatakan komentar Putin adalah teguran keras dan berkualitas. 

Putin membuat jelas bahwa komentar Pangeran Charles akan menjadi masalah diplomatik antar dua negara. Sebelumnya, Pangeran Charles berkomentar bahwa tindakan Putin mengokupasi suatu wilayah mirip seperti yang Nazi lakukan beberapa dekade lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement