Ahad 25 May 2014 12:14 WIB

Aktor David Gulpilil Raih Gelar Aktor Terbaik di Cannes Festival

David memerankan tokoh primbumi
Foto: Reuters
David memerankan tokoh primbumi

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Aktor Australia, David Gulpilil baru-baru ini meraih penghargaan sebagai Aktor Terbaik pada Festival Film Cannes atas perannya di film garapan sutradara Rolf De Heer. 

Penghargaan ini merupakan bagian dari  Un Certain Regard  yang diselenggarakan paralel dengan kompetisi utama pada penghargaan insan perfilman dunia bergengsi. Festival ini juga  diadakan untuk mengenali bakat muda dan pembuatan film inovatif.

Film tersebut menuturkan kisah seorang pria pribumi Australia yang berusia lanjut yang kesulitan untuk menerapkan gaya hidup tradisionalnya. Debut pertama Gulpilil adalah dalam film ikonik garapan sutradara Inggris Nicholas Roeg pada tahun 1971 berjudul Walkabout.

Dia kemudian melanjutkan perannya sebagai aktor papan atas Australia di berbagai film. Termasuk Crocodile Dundee (1986), Ten Canoes (2006), dan Australia (2008).

Gulpilil beberapa tahun belakangan ini banyak terlibat kasus hukum dan pernah beberapa kali pernah dikirim mengikuti program rehabilitasi alkohol.Dia berulang kali menyampaikan keinginannya untuk kembali membuat film.

sumber : abc, radio australia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement