Rabu 28 May 2014 21:28 WIB

Pemenang Kompetisi Film Bisu Wakili Australia di AS

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, OREGON -- Hampir satu abad sejak era film bisu selesai. Tapi seorang remaja Australia justru akan terbang ke Amerika Serikat lewat karya film bisunya.

Henry Thong, usia 17 tahun, akan mewakili Australia di ajang Festival Film Bisu Karya Pemuda Internasional yang akan diselenggarakan akhir bulan Mei di Portland, Oregon, Amerika Serikat. Siswa kelas 12 di Sekolah Menengah Glenunga Internasional ini sebelumnya telah memenangkan Festival Film Bisu di Australia Selatan 2013, lewat karyanya berjudul 'The Girl In The Camera'.

"Saat para juri melihat filmya, kami saling memandang takjub dan mengatakan 'inilah dia juaranya'," ujar Barbara Cornish, Produser Eksekutif festival tersebut, belum lama ini.

Festival ini ditujukan bagi para sineas muda yang berusia dibawah 20 tahun. Salah satu syarat pembuatan film ini adalah dengan memasukan satu dari lima lagu yang sudah disiapkan oleh tim juri.

Film Henry Thong dikategorikan sebagai film romantis, yang menurutnya salah satu jenis film yang ia sering tonton bersama ibunya. "Film-film pada umumnya biasanya sangat menggantungkan pada percakapan, tetapi di film bisu, tentunya tidak ada percakapan jadi benar-benar tergantung pada eksperesi dan penampilan para pemainnya untuk menyampaikan perasaannya," ujar Thong.

Film bisu adalah jenis film yang pertama kali diproduksi di dunia perfilman. Biasanya melibatkan penampilan orkestra secara langsung untuk mengiringi film.

Tetapi saat orkestra menjadi sangat mahal, keberadaan musik di film-film pada masa lampau diganti permainan organ pipa. Organ pipa ditemukan oleh seorang warga Inggris, Robert Hope-Jones yang dimainkan oleh satu orang saja untuk menciptakan musik dan efek-efek suara.

Seiring dengan teknologi yang semakin canggih, di tahun 1920-an penggunaan soundtrack dimulai dimasukkan kedalam sebuah film. Dan era film bisu pun berakhir.

Ikuti jalan cerita film The Girl In The Camera disini.

Ikuti Kompetisi Belajar Bahasa Inggris di Australia - Klik tautan berikut: https://apps.facebook.com/australiaplus

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement