Ahad 01 Jun 2014 11:56 WIB

Ini Lima Tahanan Taliban yang Dibebaskan AS

Rep: c83/ Red: Joko Sadewo
tahanan guantanamo (ilustrasi)
Foto: telegraph
tahanan guantanamo (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AS -- Pemerintah AS telah memebebaskan lima tahanan taliban yang di penjara di Guantanamo AS. pembebasan ini dilakukan dengan cara penukaran tentara AS Sersan Bergdahl (28) yang ditahan oleh Taliban dari tahun 2009 lalu.

Berikut nama-nama lengkap tahanan Taliban yang dibebaskan dari penjara Guantanamo AS:

1. Mohammad Fazl menjabat sebagai wakil menteri pertahanan Taliban selama kampanye militer Amerika di tahun 2001. Dituduh kejahatan perang, termasuk pembunuhan ribuan Muslim Syiah .

2. Khirullah Khairkhwa adalah seorang pejabat senior Taliban menjabat sebagai menteri dalam negeri dan gubernur Herat , kota terbesar ketiga Afghanistan. Dituduh memiliki hubungan langsung dengan Osama bin Laden .

3. Abdul Haq Wasiq adalah wakil menteri Taliban kecerdasan. Dikatakan telah sentral dalam membentuk aliansi dengan kelompok-kelompok fundamentalis Islam lainnya untuk melawan pasukan AS dan koalisi .

4. Mullah Norullah Noori adalah seorang komandan militer senior Taliban dan gubernur. Juga dituduh terlibat dalam pembunuhan massal Muslim Syiah .

5. Mohammad Nabi Omari, termasuk kepala keamanan. Diduga telah terlibat dalam serangan terhadap pasukan AS dan koalisi .

Semuanya adalah anggota berpangkat tinggi pemerintahan Taliban yang digulingkan oleh Amerika Serikat pada tahun 2001.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement