Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Tur Obama di Eropa untuk Melawan Rusia

Ahad 01 Jun 2014 17:55 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Muhammad Hafil

Barack Obama

Barack Obama

Foto: ap

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS, Barack Obama bertolak ke beberapa kota pada minggu ini untuk memastikan dukungan atas Ukraina dalam melawan Rusia. Obama pergi ke Warsawa, Brussels, Paris dan Normandi.

Perjalanan Obama ini menyusul pidatonya di Akademi Militer AS minggu lalu terkait komitmen Amerika dalam kepemimpinan berdasarkan diplomasi, aksi multilateral dan tekanan ekonomi. Obama bertemu dengan para pemimpin Eropa Timur di Polandia pada Rabu untuk menguatkan kritik atas Moskow.

''Kemampuan kita untuk membentuk opini global akan mengisolasi Rusia. Dengan kepemimpinan Amerika, dunia akan segera mengutuk aksi Rusia,'' kata Obama dikutip Reuters. Di Warsawa, Obama bertemu dengan pemimpin dari 10 negara Eropa Tengah dan Timur.

Obama telah lama mendesak pemimpin Eropa Timur untuk lebih memaksa dalam bergerak. Kunjungan Obama ke Polandia dinilai sedikit sentimental karena dilakukan pada perayaan Hari Kemerdekaan, Rabu lalu.

Setelah mengunjungi Polandia, Obama bertolak ke Brussels bertemu pemimpin G7. Presiden Prancis, Francois Hollande mengatakan semua rekan anggota setuju untuk bergerak bersama meredakan krisis. Ia juga mengatakan G7 setuju untuk tidak menjatuhkan sanksi pada saat-saat ini.

''Tujuannya adalah mengembalikan dialog antara pihak yang mengalami krisis,'' kata dia. Obama kemudian menuju Prancis pada Jumat untuk ikut merayakan 70 tahun peringatan Perang Dunia II, D-Day.

Presiden Rusia, Vladimir Putin dijadwalkan menghadiri upacara tersebut untuk bertemu Hollande pada Kamis. Obama juga dijadwalkan makan malam dengan Hollande pada hari itu. Namun, Gedung Putih mengumumkan pertemuan tersebut bukan pertemuan resmi.

sumber : reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA