Senin 02 Jun 2014 22:27 WIB

Lusa, Tony Abbott Rencananya akan Bertemu SBY

Tonny Abbott dan SBY
Foto: AFP
Tonny Abbott dan SBY

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Perdana Menteri Australia, Tony Abbott menurut rencana akan bertemu dengan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu mendatang (4/6). Pertemuan dilakkukan sebelum sang perdana menteri ini bertolak ke Perancis untuk menghadiri peringatan pertempuran D-Day.

Juru bicara Abbott mengkonfirmasikan kedua pemimpin negara ini akan bertemu di Pulau Batam, Indonesia. Ini merupakan pertemuan pertama keduanya setelah kasus tudingan kegiatan mata-mata Australia terbongkar tahun lalu.

Pertemuan kedua kepala negara ini juga dilakukan setelah pada bulan sebelumnya, Yudhoyono dan Abbott telah sempat berbicara melalui telepon. Percakapan telepon itu merupakan kontak pertama keduanya sejak tahun lalu Australia ketahuan berusaha mendengarkan panggilan telepon Presiden Indonesia dan sejumlah orang-orang di lingkaran dalamnya.

Percakapan ini mengarahkan pada pemulangan kembali  Duta Besar Indonesia untuk Australia ke Canberra sebagai upaya untuk memperbaiki hubungan antara kedua negara. Sebelumnya dubes RI untuk Australia sempat diperintahkan untuk pulang kembali ke tanah air oleh Presiden Indonesia pada November 2013 lalu.

 

 

Ketegangan diplomatik ini juga berkobar  atas kebijakan pencari suaka Australia.

sumber : abc, radio australia

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement