Selasa 03 Jun 2014 06:16 WIB

Mesir Bantah Keberadaan Pangkalan Militer Asing

Pangkalan militer AS di atas Kapal Induk (ilustrasi)
Pangkalan militer AS di atas Kapal Induk (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO --Angkatan Bersenjata Mesir membantah laporan pemberitaan adanya pangkalan militer asing di Negara Piramida itu.

"Tidak akan pernah ada pangkalan militer asing di Mesir," kata Juru Bicara Angkatan Bersenjata Mesir, Kolonel Mohamed Ali, Senin (2/6).

Kolonel Mohamed Ali menegaskan, Mesir belum pernah dan tidak akan pernah memberi ruang bagi pangkalan militer negara asing baik di masa lalu, sekarang maupun di masa yang akan datang.

"Selain tidak ada pangkalan militer asing, juga tidak ada kehadiran pasukan asing di Mesir," ujarnya menegaskan.

Mohamed Ali menilai, pemberitaan adanya pangkalan asing di Mesir itu tidak berdasar fakta dan cenderung bias untuk membentuk opini publik yang merugikan Mesir.

"Pemberitaan itu tidak ada konfirmasi ke pihak terkait di Mesir dan tidak berdasarkan sumber yang dapat dipercaya," katanya.

Disebutkan, militer Mesir terbuka bagi semua media lokal maupun asing untuk mengonfIrmasi pemberitaan menyangkut angkatan bersenjata dan pertahanan negara.

Rumor mengenai keberadaan pangkalan militer asing di Mesir ini sempat mencuat di masa pemerintahan Presiden Mohamed Moursi.

Menurut rumor tersebut, sebuah negara Arab Teluk, yaitu Qatar berniat akan membangun pangkalan militernya di Mesir.

Belakangan juga muncul isu bahwa Amerika Serikat juga berusaha membangun pangkalan militernya di negeri berpesisir Laut Merah dan Laut Mediterania itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement