Rabu 04 Jun 2014 08:25 WIB

Juru Bicara: Kerry Akan Bertemu Lavrov

Jen Psaki
Foto: AP
Jen Psaki

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan bertemu dengan timpalannya Menlu Rusia Sergei Lavrov di Paris, Kamis, untuk membahas krisis di Ukraina dan Suriah, kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Jen Psaki, Selasa.

"Fokus diskusi adalah masalah Ukraina yang akan melaksanakan pelantikan kepemimpinan Sabtu, selain Suriah, termasuk upaya berkelanjutan untuk menghapus senjata kimia yang tersisa," kata Jen Psaki kepada wartawan.

Pembicaraan-pembicaraan terjadi pada saat Ukraina bersiap untuk meresmikan Presiden terpilih Petro Poroshenko dan delegasi AS yang dipimpin Presiden Barack Obama bertolak ke Prancis untuk menghadiri perayaan Jumat, untuk menandai peringatan 70 tahun pendaratan D-Day Perang Dunia Kedua.

Pertemuan Kerry dengan Lavrov akan berada di sela-sela kunjungan Obama ke Prancis.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga menghadiri acara D-Day, tetapi dia tidak akan bertemu dengan Obama, kata pejabat AS.

Sementara terjadi ketegangan antara Amerika Serikat dan Rusia mengenai Ukraina telah membatalkan kerja sama antara Washington dan Moskow di banyak bidang, kedua negara masih bekerja sama untuk meyakinkan Suriah menyerahkan senjata kimianya.

Suriah telah beberapa bulan berada di balik jadwal dan masih memiliki sekitar delapan persen dari 1.300 metrik ton senjata kimia yang dinyatakan kepada badan pengawas nuklir PBB.

Hal ini tidak mungkin bahwa Suriah akan memenuhi batas waktu akhir 30 Juni untuk menghancurkan seluruh persediaan zat beracunnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement