Kamis 05 Jun 2014 02:20 WIB

Obama Anggap Rusia Sebagai Pengganggu Ukraina

Rep: C81/ Red: Didi Purwadi
Barack Obama
Foto: Reuters/Kevin Lamarque
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengutuk keras 'taktik gelap' yang diguanakan Rusia untuk mengintimidasi Ukraina. Obama mengatakan Rusia bertindak seperti 'pengganggu' di Ukraina.

Hal tersebut diucapkan Obama saat bertemu dengan presiden Ukraina. Obama bertemu presiden terpilih Ukraina, Petro Poroshenko, di ibukota Polandia, Warsawa, pada Rabu (4/6). Obama Juga berjanji akan mendukung penuh Ukraina.

Selain itu, dalam pidato peringatan demokrasi Polandia yang ke 25 tahun, Obama mengecam tindakan Rusia dan bersumpah untuk melindungi negara-negara pecahan Soviet.

"Negara-negara yang lebih besar tidak diperbolehkan untuk menggertak negara kecil atau memaksakan kehendak mereka lewat senjata atau dengan pria bertopeng yang mengambil alih gedung-gedung," katanya.

"Jadi, kami tidak akan menerima pendudukan Rusia di Crimea atau pelanggaran atas kedaulatan Ukraina," kata Obama seperti dilansir situs berita Al Jazeera.

Selama kunjungannya ke Polandia, Obama juga mengusulkan dana sebesar 1 miliar dolar AS untuk membiayai angkatan udara AS yang baru, angkatan laut dan rotasi pasukan ke seluruh Eropa Timur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement