Jumat 06 Jun 2014 03:16 WIB

Pura-Pura Jadi Pendeta, Boko Haram Serang Satu Desa

Rep: Friska Yolandha/c82/ Red: Mansyur Faqih
Aksi menentang ulah Boko Haram.
Foto: Reuters
Aksi menentang ulah Boko Haram.

REPUBLIKA.CO.ID, MAIDUGURI -- Setidaknya 45 orang tewas oleh kelompok bersenjata Boko Haram di Barderi, Nigeria, Kamis (5/6) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, serangan terjadi pada pukul 21.30 waktu setempat di pinggiran Kota Maiduguri, Nigeria. Pemberontak diduga Boko Haram menipu penduduk setelah berpura-pura menjadi pendeta di desa tersebut.

Penduduk dikumpulkan dalam satu kelompok yang awalnya dikira sebagai ceramah agama. Namun kemudian pengkhotbah melancarkan serangan dan menewaskan banyak warga.

Secara terpisah, pejabat setempat mengatakan sudah 200 orang tewas akibat serangan Boko Haram di desa-desa wilayah tersebut sepanjang pekan ini. Desa terpencil di Nigeria sering menjadi target serangan Boko Haram.

Pemerintah Nigeria telah menghadapi tingginya tekanan sejak Boko Haram menculik lebih dari 200 siswi sekolah pada April. Kelompok ini telah mengobarkan pemberontakan sejak 2009. Ribuan orang telah tewas akibat tindakan keras dari kelompok tersebut.

Sebelumnya, terjadi serangan di desa Attagara negara bagian Borno, Selasa (3/6). Kepada Associated Press, seorang saksi mengatakan, militan mengumpulkan warga di tengah desa. Kemudian, menembaki semua warga yang berkumpul itu dalam waktu yang sangat lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement