Sabtu 14 Jun 2014 14:36 WIB

Kawasan Pertanian Kuno Menjadi Daya Tarik Wisata

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, ADELAIDE -- Banyak kawasan di berbagai belahan di dunia memanfaatkan status Warisan Dunia (World Heritage Listing) UNESCO sebagai pomosi wisata di daerahnya.  Suatu kawasan bisa diberi gelar warisan karena berbagai alasan, termasuk karena penduduknya menerapkan sistem bertani atau berternak yang kuno.

Contoh wilayah warisan dunia adalah Lake District di Inggris bagian barat laut. Konon, kawasan ini menjadi sumber inspirasi bagi begitu banyak seniman dan penulis Inggris. Tapi ada sisi lain yang menarik dalam sejarah kawasan ini, yaitu cara beternak domba jenis Herdwick yang langka.

Di keseluruhan wilayah Inggris hanya ada sekitar 50 ribu domba Herdwick. Hampir seluruhnya ada di radius 25 kilometer Kota Coniston, Lake District. Cara beternaknya menggunakan sistem kuno yang sudah hampir punah, yaitu 'commoner fell grazing rights'.

Salah seorang pembiak setempat, James Rebanks menjelaskan bahwa sistem itu 'memungkinkan anda untuk membawa sejumlah domba ke pegunungan agar mereka bisa merumput. Hanya ada dua-tiga ratus keluarga di kawasan tersebut yang beternak domba Herdwick. Karena kelangkaan dan nilai sejarah tersebut, pemerintah Inggris Raya meminta agar Lake District dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO tahun 2016.

Salah satu penyeru kampanye ini adalah Rebanks. Ia juga sedang menulis penelitian tentang 878 situs warisan di dunia. Ia tengah berada di Australia untuk membantu kawasan Adelaide Hills di Australia Selatan dalam usahanya meminta status warisan dunia, sebagai sebuah kawasan pertanian.

Yang termasuk Adelaide Hills adalah Barossa Valley (Lembah Barossa), Adelaide Hills, McLaren Vale dan semenanjung Fleurieu .Jan Angas, seorang peternak di Barossa Valley, senang mendengar kesuksesan Lake District.

Menurutnya, 15 tahun yang lalu, para pemilik lahan Barossa menganggap pariwisata sebagai sesuatu yang agak merepotkan, namun kini pariwisata dianggap amat penting, terutama untuk kelangsungan pertanian di wilayah tersebut.

Menurut James Rebanks, Barossa adalah contoh di mana penduduk wilayah memiliki ikatan yang amat kuat dengan wilayah tersebut.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement