Senin 16 Jun 2014 03:35 WIB

Bangladesh Laporkan Infeksi Pertama MERS

Rep: Nora Azizah/ Red: Mansyur Faqih
Seorang perempuan tampak mengenakan masker untuk menghindari virus MERS
Foto: ap
Seorang perempuan tampak mengenakan masker untuk menghindari virus MERS

REPUBLIKA.CO.ID, BANGLADESH -- Bangladesh melaporkan kasus pertama infeksi virus MERS, Ahad (15/6). Infeksi coronavirus ini terjangkit pada seorang pria yang baru kembali dari Amerika Serikat melalui Abu Dhabi. 

Reuters melansir, pria yang diketahui berusia 53 tahun itu tengah dirawat di sebuah rumah sakit.

Mahmudur Rahman dari Institut Pengendalian dan Penelitian Penyakit Bangladesh mengatakan, virus terjangkit saat penderita melakukan transit di Abu Dhabi. "Kemungkinan terbesarnya demikian," katanya. 

Pria tersebut melakukan perjalanan dari Amerika Serikat dan melakukan transit cukup lama di Abu Dhabi. 

Kasus MERS pertama kali ditemukan pada 2012. Penyakit yang menyebabkan infeksi pernapasan dan berakibat fatal ini hampir sama dengan SARS. Gejala dan wabahnya mirip dengan virus yang ditemukan pada 2003. 

Sementara tingkat kematiannya cukup parah bagi penderita, yakni sekitar 40 persen. Penyakit tersebut bisa menular antara sesama manusia. Sehingga wabahnya menyebabkan kekhawatiran bagi masyarakat dunia.

Hingga saat ini, virus itu sudah menginfeksi lebih dari 800 penderita di seluruh dunia. Jumlah pengidap yang meninggal terhitung sekitar 310 jiwa. 

Sebagian besar kasusnya memang berada di Arab Saudi. Namun ada juga beberapa kasus di negara Timur Tengah lainnya, Eropa, dan Amerika Serikat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement