Senin 16 Jun 2014 05:00 WIB

10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal Di Dunia

Rep: Nora Azizah/ Red: Mansyur Faqih
Menara Eifel, Prancis
Foto: TRAVELDESTINATIONINTHEWORLD.BLOGSPOT.COM
Menara Eifel, Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika ada pepatah mengatakan 'Jalan-jalan di London ibarat berlapis emas'. Istilah tersebut mengungkapkan para wisatawan yang berlibur di London, biaya hidupnya akan menguras kantong cukup dalam.

Tampaknya, istilah itu cukup tepat. Karena, London termasuk kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Berikut ulasan mengenai kota-kota di dunia dengan biaya hidup termahal.

1. Sydney

Beristirahat pekan di Sydney pada tahun lalu masih tergolong murah. Namun survei TripAdvisor tahun ini menyebutkan, Sydney menjadi salah satu kota liburan paling mahal di dunia. 

2. Toronto

Mendengar kota ini pasti identik dengan pelanggaran hukum tertinggi di Amerika. Namun siapa sangka, menghabiskan liburan di Toronto harus mengeluarkan kocek tebal. Bahkan Toronto mengalahkan Kanada yang sebelumnya menduduki peringkat di atas Toronto.

3. Helsinki

Salah satu kota terbesar di Swedia ini juga memiliki biaya hidup yang tinggi. Rapi dan teratur dalam tata kota membuatnya nyaman. Hal ini pula yang menyebabkan Helsinki menjadi salah satu dari kota terbaik di dunia untuk ditinggali. 

Jangan heran apabila pergi berlibur akan banyak terdengar suara wisatawan menggerutu akibat tagihan hotel yang super mahal.

4. Copenhagen

Pusat kota Copenhagen di Denmark memang menjadi salah satu daftar wisata dunia. Di kota ini, wisatawan akan banyak menemukan restoran khas Denmark. 

5. Zurich

Berkunjung ke Zurich, Swiss, siapkan rekening tabungan dari jauh-jauh hari. Menikmati akhir pekan di kota ini Anda harus menabung ekstra.

6. Oslo

Salah satu kota menarik di Norwegia ini memang bagus dikunjungi saat musim dingin. Namun dinginnya tak hanya terkait cuaca. Anda juga harus berkantong 'dingin' saat berkunjung. Biaya taksi sejauh 3 kilometer di Oslo dipatok dengan harga 52 dolar AS.

7. Stockholm

Stockholm di Swedia memang terkenal dengan keindahannya. Namun, biaya makan malam di negara ini, bisa untuk biaya hidup satu hari di Hanoi.

8. New York

Siapa yang tak kenal New York city. Kota dengan arsitektur modern dan penuh kemewahan ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Tidak heran apabila atlet bisbol asal Jepang Masahiro Tanaka dibayar 155 juta dolar AS untuk bermain di New York. Tampilan kota ini memang tak bisa menyebutnya 'tempat tinggal murah'. 

9. Paris

Menara eiffel, kota sejuta cinta, dan masih banyak sebutan nama lainnya untuk Paris, Perancis. Seorang wisawatan mungkin saja tersedak saat minum saat menerima cek pembayaran hotel atau makan malamnya. 

10. London

London, Inggris memang tak ada duanya untuk berlibur. Pemandangan sungai mungkin satu-satunya hal yang bisa dinikmati secara gratis di kota ini. TripAdvisor menuliskan, akhir pekan di London akan menghabiskan sedikitnya 523 dolar AS. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement