Senin 16 Jun 2014 18:54 WIB

Penyerang di Kenya Diduga dari Somalia

Rep: C66/ Red: Julkifli Marbun
Kenya
Foto: [ist]
Kenya

REPUBLIKA.CO.ID, MOMBASA -- Sedikitnya 49 orang tewas dalam serangan di Lamu County, sebuah kota pantai di Kenya. Hal ini dikatakan oleh pejabat berwenang, Senin (16/6).

Kelompok pria bersenjata yang diduga adalah Shehab dari Somalia menyerbu  kantor polisi, hotel, dan kantor-kantor pemerintah di Lamu County, Ahad (15/6) malam. Sekitar 50 anggota kelompok melaju ke Mpeketoni, yang berada dekat dengan sebuah resor populer di Lamu.

Kantor polisi di sekitar Mpeketoni menjadi sasaran awal penyerangan kelompok bersenjata. Setelah melancarkan serangan di kantor polisi, kelompok bersenjata mulai melakukan serangan membabi buta pada warga-warga sipil. Mereka bergerak menuju restoran dan hotel, dimana banyak warga sipil yang sedang menonton piala dunia.

Salah satu warga mengatakan kelompok bersenjata memasuki rumah-rumah yang ada. Mereka menodong orang yang ada dalam rumah dan kemudian meluncurkan tembakan.

"Ada sekitar 50 penyerang, mereka masuk kerumah kami, meminta uang dan diberikan, mereka menembak suami saya dari jarak dekat," ujar Anne Gathigi (38), seorang ibu dari lima anak yang suaminya terbunuh oleh penyerang, Senin (16/6).

Seorang saksi mengatakan, kelompok penyerang membawa tiga kendaraan dan masing-masing mereka membawa senjata laras panjang. Kelompok bersenjata itu juga terlihat membawa bendera kelompok Shehab, kelompok militan di Somalia.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement