Sabtu 21 Jun 2014 20:22 WIB

Bintang Australia Tim Cahill Pensiun dari Piala Dunia

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Bintang timnas Australia Tim Cahill mengukuhkan bahwa dia tidak akan lagi memperkuat Socceroos di Piala Dunia. Namun karirnya di timnas masih menjadi tanda tanya.

Cahill mendapatkan kartu kuning dalam pertandingan Piala Dunia 2014 melawan Belanda dimana Australia kalah tipis 2-3, Kamis (19/6) lalu. Karena sebelumnya sudah mendapatkan kartu kuning dalam pertandingan pertama melawan Chile, Cahill karenanya tidak bisa diturunkan dalam pertandingan terakhir di grup B melawan juara bertahan Spanyol.

Dengan kedua tim sudah pasti tersingkir karena sama-sama menelan dua kali kekalahan, pertandingan Australia-Spanyol ini boleh disebut sebagai "partai hiburan".

Dengan usianya yang sekarang 34 tahun, sebenarnya juga diragukan apakah kalaupun Australia lolos ke Piala Dunia 2018, Cahill masih akan terlibat.

Namun karirnya di timnas Australia belum betul-betul berakhir, dengan Cahill menolak mengatakan akan dia masih akan memperkuat Socceroos di putaran final Piala Asia di Australia tahun 2015.

Cahill mendapat kartu kuning di pertandingan melawan Belanda, kartu kuning kedua di Piala Dunia 2014 baginya.
Kepada wartawan di Brasil, Cahill tidak banyak memberikan keterangan mengenai masa depannya bersama timnas Australia.

"Saya tidak mau mejelaskan lebih banyak, karena kami masih memiliki satu pertandingan lagi, dan semua ini bukan soal Tim Cahill," katanya, baru-baru ini.

"Mungkin setelah turnamen, saya akan bicara lagi. Sekarang adalah soal kami semua, soal Socceroos, dan pertandingan terakhir tetap penting bagi Australia," tambah Cahill.

"Bila kami mengalahkan Spanyol ini akan menjadi salah satu sejarah terbesar dalam pencapaian timnas Australia."

Cahill mencetak gol spektakuler ke gawang Belanda dengan tendangan voli yang oleh sebagian pengamat dianggap sebagai gol terbaik di Piala Dunia 2014 sejauh ini. Ini merupakan gol keduanya di Brasil dan gol kelima yang dicetaknya dalam keikutsertaan yang ketiga kalinya di Piala Dunia.

Cahill mengatakan dia tidak menyesal dengan apa yang sudah terjadi meskipun dia tidak bisa tampil melawan Spanyol. "Saya baru saja terlibat dalam pertandingan perpisahan terbesar dalam hidup saya. Saya menciptakan sesuatu yang mendunia yang akan dikenang banyak orang," katanya.

Meskipun Australia sudah tersingkir, namun Cahill tetap melihat banyak hal positif dalam penampilan Socceroos di Piala Dunia. "Ya memang kecewa kami sudah tersingkir. Namun saya tidak juga kecewa terlalu dalam karena kami baru saja melihat bagaimana kemampuan tim ini sebenarnya," ujarnya.

Menurut Cahil, fokus Australia sekarang adalah mengalahkan tim peringkat nomor satu dunia Spanyol.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement