Ahad 22 Jun 2014 10:31 WIB

Nigeria Latih Ratusan Ribu Polisi Demi Amankan Pemilu

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Citra Listya Rini
Peta Nigeria
Foto: Aljazeera
Peta Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, LAGOS -- Nigeria telah melatih sekitar 167 ribu polisi untuk persiapan pemilihan umum yang akan digelar tahun depan. Pejabat berwenang mengatakan pada Sabtu (21/6), pelatihan ini merupakan upaya untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai.

Polisi-polisi ini dilatih dengan cara yang bervariasi sesuai dengan evaluasi pada pemilu sebelumnya. Juru bicara kepolisian nasional Frank Mba mengatakan jumlah polisi yang dilatih baru sebagian.

''Nigeria berharap bisa melatih antara 350 ribu hingga 370 ribu polisi,'' kata Mba kepada AFP.

Nigeria memiliki sejarah pemilihan umum yang cukup berantakan sejak kemerdekaannya pada 1960. Pada 1993, militer di bawah kepemimpinan Jenderal Ibrahim Babangida mengacaukan pemilihan presiden.

Tindakannya kemudian membuat Nigeria berada dalam krisis politik berkepanjangan. Pada 2011 lalu, pemilihan Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan juga memicu bentrok sekretarian yang menewaskan ratusan orang.

Mba meyakinkan persiapan yang matang akan menghindarkan Nigeria dari kekacauan pemilu masa lalu. Jonathan hingga saat ini masih menolak mendeklarasikan rencananya maju kembali sebagai kandidat. Namun, rumor yang beredar mengatakan ia akan kembali mencalonkan diri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement